Ternyata salafiyiin boleh berorganisasi bagian satu


بسم الله الرحمن الرحيم

Mengapa ikhwah salafiyiin takut untuk berorganisasi? padahal ini adalah wasilah diantara wasilah-wasilah dakwah yang diperbolehkan secara syar’i bahkan suatu kelaziman di jaman sekarang ini sebagai wadah untuk ta’awun ‘alal birri wat taqwa. Berikut ini adalah fatwa Syaikh Al Allamah Abdul Aziz bin Andulloh bin Baz rohimahulloh, Imam As Salafiyiin pada abad ini. Semoga ini mencerahkan ikhwah salafiyiin yang masih ragu dan takut untuk berorganisasi.

إبداء الرأي في إنشاء هيئة سلفية علمية تحت اسم جمعية الكتاب والسنة الخيرية في الخرطوم بالسودان

سماحة الوالد الشيخ العلامة / عبد العزيز بن عبد الله بن باز حفظه الله

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

متعكم الله بالصحة والعافية ، وزادكم إيمانا وتقوى ، أما بعد :

س : فنحن مجموعة من الدعاة وطلبة العلم الشرعي بالسودان بحمد الله من الله تعالى علينا بعقيدة ومنهج السلف الصالح في توحيد العبادة والأسماء والصفات وغير ذلك ، وهدفنا هو طلب العلم الشرعي ونشره بين الناس والدعوة إلى الله تعالى على طريقة السلف في مراكز مختلفة في أنحاء البلاد ، وتعليم الناس أمور دينهم في التوحيد وأركان الإسلام وغير ذلك ، ومحاربة الشرك والبدع ، والدعوة إلى التمسك بالكتاب والسنة على فهم السلف الصالح ، وغرس الفضيلة ومحاربة الرذيلة ، وتربية الناس على مكارم الأخلاق والنأي بهم عن أراذلها .

ونتعاون مع كافة من يعمل في حقل الدعوة إلى الله تعالى فيما وافق فيه الحق والصواب ، تعاونا شرعيا ؛ لقوله تعالى : وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى الآية ، بعيدا عن التكتلات الحزبية والتعصب للرجال أو التنظيمات وعقد الولاء والبراء على ذلك ، وإنما نحب في الله ونبغض في الله ونوالي في الله ونعادي في الله على منهج السلف الصالح ، ونعمل على إنشاء المراكز التعليمية وبناء المساجد والمعاهد الشرعية ودور تحفيظ القرآن والمكتبات العامة ونشر الكتب والرسائل العلمية النافعة ، والأشرطة العلمية المفيدة ، والحجاب الشرعي ، وربط الأمة بالعلماء الربانيين، ولهذا أنشأنا هيئة سلفية علمية تضم مجموعة من خريجي الجامعات الإسلامية بالمملكة العربية السعودية ، وممن تتلمذوا على كبار مشايخ الدعوة السلفية في العالم الإسلامي تحت اسم جمعية الكتاب والسنة الخيرية التي مقرها الخرطوم ، فهل هنالك محذور شرعي في العمل على تحقيق هذه الأهداف المذكورة من خلال الجمعية آنفة الذكر دون الالتزام بتنظيم جماعة معينة بالسودان ، لما لدينا عليها من ملاحظات هامة مع الاحتفاظ بأخوة الإسلام والتعاون معهم على الحق . أفتونا مأجورين .

الجواب : بسم الله ، والحمد لله ، والصلاة والسلام على رسول الله ، وآله وصحبه ، أما بعد : فهذا المنهج الذي ذكرتم أعلاه في الدعوة إلى الله تعالى ، وتوجيه الناس إلى الخير على هدي الكتاب والسنة وطريق سلف الأمة منهج صالح نوصيكم بالتزامه والاستقامة عليه ، والتعاون مع إخوانكم الدعاة إلى الله في السودان وغيرها فيما يوافق الكتاب والسنة ، وما درج عليه سلف الأمة في بيان توحيد الله وأدلته والتحذير من الشرك ووسائله ، والتحذير من البدع وأنواع المعاصي بالأدلة الشرعية والأسلوب الحسن .

عملا بقوله تعالى : وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلًا مِمَّنْ دَعَا إِلَى اللَّهِ وَعَمِلَ صَالِحًا الآية ، وقوله سبحانه : قُلْ هَذِهِ سَبِيلِي أَدْعُو إِلَى اللَّهِ عَلَى بَصِيرَةٍ أَنَا وَمَنِ اتَّبَعَنِي الآية ، وقوله سبحانه ادْعُ إِلَى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ

وقول النبي صلى الله عليه وسلم : من دل على خير فله مثل أجر فاعله خرجه مسلم في صحيحه ، وقول النبي صلى الله عليه وسلم لعلي رضي الله عنه لما بعثه إلى خيبر لدعوة اليهود ادعهم إلى الإسلام وأخبرهم بما يجب عليهم من حق الله تعالى فيه فوالله لأن يهدي الله بك رجلا واحدا خير لك من حمر النعم متفق على صحته . والآيات والأحاديث في هذا المعنى كثيرة .

والله المسئول أن يمنحكم التوفيق والإعانة على كل خير ، وأن يجعلنا وإياكم من الهداة المهتدين ، إنه جواد كريم ، وصلى الله وسلم على نبينا محمد ، وعلى آله وصحبه أجمعين .

تم ولله الحمد الجزء الثامن من مجموع ( فتاوى ومقالات متنوعة ) لسماحة الشيخ / عبد العزيز ابن عبد الله بن باز حفظه الله ، ويليه – إن شاء الله – الجزء التاسع وهو أيضا في التوحيد وما يلحق به .

مجموع فتاوى و مقالات ابن باز – (ج 8 / ص 378-380 ، المكتبة الشاملة)

Terjemah:

Tentang perintisan badan salafiyah di Khurthuum-Sudan dengan nama “Jam’iyyah Al Kitaab was Sunnah Al Khoiriyah” (Perkumpulan/Perhimpunan/Ormas Al Kitab dan As Sunnah Untuk Kebajikan)

Samahatusy Syaikh Abdul Aziz bin Abdulloh bin Baz –Hafidzohulloh-.

Assalamu’alaikum warohmatulloh wa barokaatuh

Semoga menganugerahkan sehat dan ‘afiat pada anda, dan menambahkan pada anda iman dan taqwa, amma ba’du:

Soal: Kami sekumpulan da’i dan santri di Sudan pengikut manhaj as salaf ash sholih, tujuan kami adalah menuntut ilmu syar’iy dan menyebarkannya di tengah-tengah masyarakat luas, dakwah mengajak ke jalan Alloh sesuai dengan pemahaman salaf di berbagai markaz (pusat kegiatan/center) di seluruh pelosok negeri, termasuk tujuan kami adalah mengajarkan manusia perkara agama dalam bidang tauhid, rukun islam, serta memberantas syirik dan bid’ah. Karenanya kami saling bahu membahu dengan semua pihak yang bergerak di bidang dakwah yang sesuai dengan kebenaran. Kami saling membantu secara syar’i, jauh dari hizbiyah (kegolongan), atau fanatik terhadap tokoh dan aturan, atau menerapkan konsep wala’ dan baro’ atas dasar itu. Sebaliknya yang kami lakukan adalah cinta di jalan Alloh dan membenci karenanya, kami berwala’ karena Alloh dan memusuhi karenanya berasaskan pemahaman salafus sholih. Kami mendirikan pusat-pusat kegiatan ta’lim, masjid, pesantren, halaqoh tahfidz al Qur’an, perpustakaan umum, menyebarkan kitab-kitab, dan tulisan-tulisan ringan dan ilmiyah yang bermanfaat juga kaset-kaset agama, hijab serta mengikat ummat dengan ulama. Atas dasar pemikiran inilah kami mendirikan sebuah lembaga salafiyah ilmiyah yang menghimpun sejumlah alumnus Universitas di Madinah, Saudi Arabiyah, dan mereka yang telah menjadi murid dari kibaar masyayikh da’wah salafiyah di dunia Islam dengan nama “Jam’iyyah Al Kitab was Sunah Al Khoiriyah” yang berpusat di Khurthuum.

Apakah ada larangan syar’i tentang upaya dalam mewujudkan cita-cita yang telah kami sebutkan melalui lembaga tersebut tanpa adanya keharusan untuk menjalankan tandzim jama’ah tertentu di Sudan kami memiliki beberapa koreksi penting atas mereka dengan tetap menjaga dan memelihara ukhuwah dan saling tolong-menolong dengan mereka dalam kebenaran? Berikanlah fatwa pada kami semoga Alloh membalas kebaikan anda.

Syaikh menjawab:

Manhaj atau methodology yang anda sebutkan di atas dalam dakwah kepada Alloh, serta mengarahkan manusia kepada kebaikan dengan berpijak pada petunjuk al Qur’an dan as Sunnah berdasarkan pada pemahaman salafus sholih, maka kami wasiatkan kepada anda untuk komitmen dan istiqomah di atasnya, juga kami wasiatkan untuk bahu membahu bersama-sama saudara-saudara anda para da’i di Sudan dan lainnya dalam hal yang sesuai dengan al Qur’an dan as Sunnah juga yang diamalkan oleh ulama salaf dalam menjelaskan tauhid beserta dalil-dalilnya, memperingatkan dari kesyirikan dan semua sarananya, juga memperingatkan manusia dari bid’ah dan beragam kemaksiatan dengan dalil-dalil syar’i serta uslub yang baik sebagai pengamalan firman Alloh تعالى :

إوَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلًا مِمَّنْ دَعَا إِلَى اللَّهِ وَعَمِلَ صَالِحًا وَقَالَ إِنَّنِي مِنَ الْمُسْلِمِينَ (33)

Artinya:

“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Alloh, mengerjakan amal yang sholih dan berkata sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri”. [QS. Fushilat:33]

Dan firman Alloh تعالى :

قُلْ هَذِهِ سَبِيلِي أَدْعُو إِلَى اللَّهِ عَلَى بَصِيرَةٍ أَنَا وَمَنِ اتَّبَعَنِي وَسُبْحَانَ اللَّهِ وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِينَ (108)

Artinya:

“Katakanlah! Inilah jalan (agama)ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku dengan mengajak (kamu) kepada Alloh dengan hujjah yang nyata. Maha suci Alloh, dan aku tiada termasuk orang-orang musyrik”. [QS. Yusuf:108]

Juga firman Alloh تعالى :

ادْعُ إِلَى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ

Artinya:

“Serulah (manusia) kepada jalan Rob-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik, dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik”. [QS. An Nahl:125]

Juga sabda Rosul صلى الله عليه وسلم :

من دل على خير فله مثل أجر فاعله. (خرجه مسلم في صحيحه)

Artinya:

“Siapa yang menunjukkan kepada kebaikan maka baginya seperti pahala orang yang mengamalkannya”. [HR. Muslim]

Juga sabda Rosul صلى الله عليه وسلم kepada Ali bin Tholib ketika mengutusnya ke Khoibar untuk mendakwahi orang-orang Yahudi dan Nashroni, serta memberitahukan kepada mereka apa yang diwajibkan atas mereka dari hak-hak Alloh تعالى:

فوالله لأن يهدي الله بك رجلا واحدا خير لك من حمر النعم  . (متفق على صحته)

Artinya:

“Demi Alloh. Jika Alloh memberi petunjuk kepada satu orang saja lantaran kamu, tentu hal itu lebih baik bagimu daripada unta merah”. [Hadits disepakati atas kesahihannya]

Ayat dan hadits yang berbicara dalam masalah ini cukup banyak. Kami mohon kepada Alloh agar memberikan petunjuk dan pertolongan kepada anda, dan menjadikan kami serta anda sebagai para pemberi hidayah yang mendapatkan petunjuk. Sesungguhnya Alloh adalah Maha Mulia dan Dermawan. Semoga sholawat dan salam dilimpahkan kepada nabi kita Muhammad, juga keluarga dan sahabatnya.

Keterangan:

–          Edisi Arab diambil dari : Majmu’ Fataawa wa Maqoolatun Mutanawwi’atun VII/378-380, Al Maktabah Asy Syamilah

–          Edisi Terjemahan Indonesia diambil dari majalah Qiblati edisi 01 tahun III  2007/1428 H dengan sedikit editing.

3 thoughts on “Ternyata salafiyiin boleh berorganisasi bagian satu

  1. http://salafiaqeedah.blogspot.com/

    “SALAFI GOD”
    PART 1 :“LITERALLY SITS ON THE THRONE”
    PART 2 : “ABOVE THE THRONE”
    PART 3 : “THE FIRST THING THAT COMES TO THE MIND”
    PART 4 : “SPACE-MONSTER”
    —–
    THE FLAMING FALCON…
    —–
    LORD OF NAJD
    PART1: THE RISE OF DARKNESS
    PART2: THE FORBIDDEN KINGDOM
    PART3: BATTLE WITH THE HYPOCRITES

    THE CLOCKMAKERS SON

    • لا إله إلا الله

      أعوذ بالله من الشيطان الرجيم

      بسم الله الرحمن الرحيم

      1. (Allah) Most Gracious is firmly established on the throne (of authority). To Him belongs what is in the heavens and on earth, and all between them, and all beneath the soil. If thou pronounce the word aloud, (it is no matter); For verily He knoweth what is secret and what is yet more hidden. Allah! there is no god but He! To Him belong the Most Beautiful Names. [Thahaa:5-8]
      2. (He is) the Creator of the heavens and the earth: He has made for you pairs from among yourselves, and pairs among cattle: by this means does He multiply you: there is nothing whatever like unto Him, and He is the One that hears and sees (all things). [Asy Syuura:11]
      3. To those who believe not in the Hereafter, applies the similitude of evil: to Allah applies the highest similitude: for He is the Exalted in Power, Full of Wisdom. [An Nahl:60]
      4. Know, therefore, that there is no god but Allah, and ask forgiveness for the fault, and for the men and women who believe: for Allah knows how ye move about and how ye dwell in your homes. [Muhammad:19]
      5. He it is Who has sent down to thee the Book; in it are verses basic or fundamental (of established meaning); they are the foundation of the Book: others are not of well-established meaning. But those in whose hearts is perversity follow the part thereof that is not of well-established meaning. Seeking discord, and searching for its hidden meanings, but no one knows its true meanings except Allah. And those who are firmly grounded in knowledge say: “We believe in the Book; the whole of it is from our Lord:” and none will grasp the Message except men of understanding. [Ali Imran:7]
      6. Allah is He, than Whom there is no other god; Who knows (all things) both secret and open; He, Most Gracious, Most Merciful. Allah is He, than Whom there is no other god; the Sovereign, the Holy One, the Source of Peace (and Perfection), the Guardian of Faith, the Preserver of Safety, the Exalted in Might, the Irresistible, the Supreme: Glory to Allah! (High is He) above the partners they attribute to Him. He is Allah, the Creator, the Evolver, the Bestower of Forms (or Colours). To Him belong the Most Beautiful Names: whatever is in the heavens and on earth, doth declare His Praises and Glory; and He is the Exalted in Might, the Wise. [Al Hasyr:22-24]
      ——————
      In the name of Allah, Most Gracious, Most Merciful.
      [1] By the Fig and the Olive,
      [2] And the Mount of Sinai,
      [3] And this City of security,
      [4] We have indeed created man in the best of moulds,
      [5] Then do We abase him (to be) the lowest of the low,
      [6] Except such as believe and do righteous deeds: for they shall have a reward unfailing.
      [At Tiin:1-6]

      ——————-

      هداني الله إياكم

  2. Bismillah.
    Jadi walhasil, boleh yah mendirikan ormas/jum’iyyah? sebagaimana ikhwah yg lain mendirikan yayasan/mu’asasah atau mendirikan tandzim atau membangun ma’had..?? kalo jum’iyyah bid’ah berarti mu’asasah jg bid’ah donk?? hal ana shohih??

    syukron laka..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s