Derajat hadits-hadits keutamaan bulan rojab dan amalan di dalamnya


أحاديث رجبية غير صحيحة منتشرة في المنتديات

Hadits-hadits tentang bulan rojab yang tidak shohih dan tersebar dalam forum-forum

Oleh : Abbas Rohim

الحمد لله رب العالمين و الصلاة و السلام على سيد المرسلين و على آله و صحبه أجمعين :

Pertama : Perhatikanlah – wahai saudaraku pembaca- apa yang dikatakan oleh Al-Hafidz Ibnu Hajar -rohimahulloh Ta’ala- tentang apa yang khusus dari keutamaan-keutamaan bulan rojab karena perkataan beliau adalah ketentuan dalam bab ini.

قال الحافظ ابن حجر رحمه الله تعالى : لم يرد في فضل شهر رجب، ولا في صيامه ، ولا في صيام شيء منه معين، ولا في قيام ليلة مخصوصة فيه.. حديث صحيح يصلح للحجة،وقد سبقني إلى الجزم بذلك الإمام أبو إسماعيل الهروي الحافظ، رويناه عنه بإسناد صحيح، وكذلك رويناه عن غيره . اهـ .

Al-Hafidz Ibnu Hajar rohimahulloh Ta’ala berkata : Tidak ada hadits yang shohih dan dapat dijadikan hujjah dalam keutamaan bulan rojab, tidak pula dalam puasanya, tidak juga dalam puasa tertentu dari bulan itu, dan tidak juga dalam qiyamullail yang khusus dalam bulan itu. Sungguh Al-Imam Abu Isma’il Al-Harowi Al-Hafidz telah mendahului aku dengan pernyataan tersebut secara pasti, kami telah meriwayatkannya dari beliau dengan isnad yang shohih, demikian juga kami telah meriwayatkannya dari selain beliau.

و قال أيضاً : و أما الأحاديث الواردة في فضل رجب ، أو في فضل صيامه ، أو صيام شيء منه صريحة: فهي على قسمين: ضعيفة ، وموضوعة ، ونحن نسوق الضعيفة ، ونشير إلى الموضوعة إشارة مفهمة . اهـ .

انظر : كتاب تبيين العجب فيما ورد في فضل رجب للحافظ ابن حجر ص6 و ص8 . و كتاب السنن والمبتدعات للشقيري ص 125

Dan beliau (Ibnu Hajar) mengatakan juga : Dan adapun hadits-hadits yang datang tentang keutamaan bulan rojab, atau keutamaan puasanya, atau puasa tertentu dari bulan tersebut secara jelas, maka ada dua macam : dho’ifah (lemah), dan maudhu’ah (palsu), kami akan bawakan yang dho’ifah dan mengisyaratkan yang palsu dengan isyarat yang dapat difahami.

Lihat : Kitab Tabyinul ‘Ajab Fiima Waroda Fi Fadhli Rojab, Karya : Al-Hafidz Ibnu Hajar, hal.6 dan 8.
Kedua : Aku persembahkan kepadamu hadits-hadits yang tersebar dalam forum-forum, yang hadits-hadits itu tidak shohih dengan menyebutkan sumber-sumber yang aku menghukuminya tidak shohih, yaitu sebagai berikut :

Hadits ke-1 :

(( اللهم بارك لنا في رجب و شعبان و بلغنا رمضان )) رواه أحمد و الطبراني في الأوسط

قال عنه الهيثمي : رواه البزار وفيه زائدة بن أبي الرقاد قال البخاري منكر الحديث وجهله جماعة
انظر : كتاب مجمع الزوائد للهيثمي 2 / 165 طبعة دار الريان لعام 1407هـ
و ضعفه النووي كما في الأذكار و الذهبي كما في الميزان 3 / 96 طبعة دار الكتب العلمية لعام 1995م

 “Ya Alloh, berkahilah kami dalam bulan  rojab dan sya’ban, serta sampaikan kami ke bulan romadhon”. (HR. Ahmad, dan Ath-Thobroni dalam Al-Ausath)

Al-Haitsami berkata, ‘Diriwayatkan oleh Al-Bazar dan di dalamnya ada Zaidah bin Abi Ar-Roqod, Al-Bukhori mengatakan : Munkarul hadits. Dan dinyatakan majhul (tidak dikenal) oleh Jama’ah. Lihat : Majma’ Az-Zawaid, Karya : Al-Haitsami 2/165, Cet. Daar Ar-Royaan Th.1407 H)

Dan didho’ifkan oleh An-Nawawi sebagaimana dalam kitab Al-Adzkar, dan oleh Adz-Dzahabi dalam kitab Al-Mizan 3/96, Cet.Daarul Kutub Al-Ilmiyah Th.1995 M.

Hadits ke-2 :

(( فضل شهر رجب على الشهور كفضل القرآن على سائر الكلام ))

قال ابن حجر إنه موضوع

 انظر : كتاب كشف الخفاء 2 / 110 للعجلوني طبعة مؤسسة الرسالة لعام 1405هـ
و كتاب المصنوع لعلي بن سلطان القاري 1 / 128 طبعة مكتبة الرشد لعام 1404هـ

“Keutamaan bulan rojab atas bulan-bulan yang lain adalah seperti keutamaan Al-Qur’an atas seluruh perkataan”.

Ibnu Hajar berkata : Ini adalah maudhu’ (palsu). Lihat : Kitab Kasyful Khofaa’ 2/110, Karya : Al-‘Ajluni, Cet.Muassasah Ar-Risalah Th.1405 H. Dan kitab Al-Mashnu’, Karya : ‘Ali bin Sulthon Al-Qori 1/128 Cet.Maktabah Ar-Rusydu Th.1404 H.

Hadits ke-3 :

(( رجب شهر الله وشعبان شهري ورمضان شهر أمتي ))

رواه الديلمي وغيره عن أنس مرفوعا لكن ذكره ابن الجوزي في الموضوعات بطرق عديدة وكذا الحافظ ابن حجر في كتاب تبيين العجب فيما ورد في رجب .

انظر : كتاب فيض القدير للمناوي 4 / 162 و 166 طبعة المكتبة التجارية الكبرى لعام 1356هـ  . و كتاب كشف الخفاء للعجلوني 2 / 13 طبعة مؤسسة الرسالة لعام 1405هـ

 “Rojab adalah bulan Alloh, sya’ban adalah bulanku, dan romadhon adalah bulan ummatku”.

Diriwayatkan oleh Ad-Dailami dan lainnya dari Anas bin Malik secara marfu’, akan tetapi Ibnu Jauzi menyebutkannya dalam kitab Al-Maudhu’aat dengan jalan yang berbeda-beda, demikian juga Ibnu Hajar dalam kitab Tabyinul ‘Ajab Fiima Waroda Fi Fadhli Rojab.

Lihat : Kitab Faidhul Qodir, Karya : Al-Munawi 4/162 dan 166 Cet. Al-Maktabah At-Tijariyah Al-Kubro Th.1356 H. Dan kitab Kasyful Khofaa’, Karya : Al-‘Ajluni 2/13 Cet. Muassasah Ar-Risalah Th.1405 H.

Hadits ke-4 :

(( لا تغفلوا عن أول جمعة من رجب فإنها ليلة تسميها الملائكة الرغائب )) وذكر الحديث المكذوب بطوله

انظر : كتاب كشف الخفاء للعجلوني 1 / 95 طبعة مؤسسة الرسالة لعام 1405هـ  . و كتاب نقد المنقول للزرعي 1 / 83 طبعة دار القادري لعام 1411هـ

 “Janganlah kalian lalai dari awal jum’at dari bulan rojab, karena malam itu dinamakan oleh malaikat sebagai malam ar-roghoib”. Kemudian menyebutkan hadits dusta itu secara panjang.
Lihat : Kitab Kasyful Khofaa’, Karya Al-‘Ajluni 1/95 Cet. Muassasah Ar-Risalah Th.1405 H. Dan kitab Naqdul Manqul, Karya : Az-Zar’i 1/83 Cet. Daar Al-Qodiri Th.1411 H.

Hadits ke-5 :

(( رجب شهر عظيم يضاعف الله فيه الحسنات فمن صام يوما من رجب فكأنما صام سنة ومن صام منه سبعة أيام غلقت عنه سبعة أبواب جهنم ومن صام منه ثمانية أيام حسنة له ثمانية أبواب الجنة ومن صام منه عشر أيام لم يسأل الله إلا أعطاه ومن صام منه خمسة عشر يوما نادى مناد في السماء قد غفر لك ما مضى فاستأنف العمل ومن زاد زاده الله وفي رجب حمل الله نوحا فصام رجب وأمر من معه أن يصوموا فجرت سبعة أشهر أخر ذلك يوم عاشوراء اهبط على الجودي فصام نوح ومن معه والوحش شكرا لله عز وجل وفي يوم عاشوراء فلق الله البحر لبني إسرائيل وفي يوم عاشوراء تاب الله عز وجل على آدم صلى الله عليه وسلم وعلى مدينة يونس وفيه ولد إبراهيم صلى الله عليه وسلم ))

قال الإمام الذهبي : هذا باطل و إسناد مظلم

و قال الهيثمي رواه الطبراني في الكبير وفيه عبدالغفور وهو متروك.

انظر : كتاب الميزان للذهبي 5 / 62 طبعة دار الكتب العلمية لعام 1995م  و كتاب مجمع الزوائد للهيثمي 3 / 188 طبعة دار الريان لعام 1407هـ .

 “Rojab bulan yang agung, Alloh akan melipatgandakan kebaikan-kebaikan di dalamnya, barangsiapa yang puasa satu hari dari bulan rojab maka seakan-akan puasa setahun, barangsiapa yang puasa tujuh hari pada bulan itu maka dikunci untuk dia tujuh pintu dari nerakan jahannam, barangsiapa yang puasa delapan hari maka dia akan diberikan delapan pintu surga, barangsiapa yang puasa sepuluh hari pada bulan itu maka tidaklah dia meminta kepada Alloh kecuali Alloh akan memberinya, barangsiapa yang puasa limabelas hari maka ada penyeru yang menyeru di langit, ‘Sungguh Alloh telah mengampunimu dosa-dosa yang telah lalu’. Kemudian amal itu naik barangsiapa yang menambah maka Alloh akan menambahnya. Dalam bulan rojab Alloh mengambil Nuh maka dia puasa rojab dan memerintahkan orang-orang yang bersamanya untuk puasa, kemudian berjalanlah tujuh bulan yang akhirnya adalah hari ‘asyuro maka dia turun ke bukit Judiy lalu Nuh dan orang-orang yang bersamanya serta binatang buas puasa sebagai tanda syukur pada Alloh Azza wa Jalla, pada hari ‘asyuro Alloh membelah lautan untuk bani Isroil, pada hari ‘asyuro Alloh menerima taubat Adam dan penduduk kota  Yunus, dan pada hari itu dilahirkannya Ibrohim.
Al-Imam Adz-Dzahabi berkata : Ini adalah batil dan isnadnya gelap.

Al-Haitsami berkata : Diriwayatkan oleh Ath-Thobroni di dalam Al-Kabir di dalamnya ada Abdul Ghofur dan dia adalah matruk (ditinggalkan).

Lihat : Kitab Al-Mizan, Karya : Adz-Dzahabi 5/62 Cet.Darul Kutub Al-Ilmiyah Th.1995 M dan Kitab Majma’ Az-Zawaid, Karya : Al-Haitsami 3/188 Cet.Daar Ar-Royyan Th.1407 H.

Hadits ke-6 :

Seluruh hadits sholat ar-roghoib pada malam jum’at pertama bulan rojab adalah dusta yang dibuat-buat atas nama Rosululloh صلى الله عليه وسلم .

Seluruh hadits yang menyebutkan puasa pada bulan rojab dan sholat pada sebagian malamnya adalah dusta dan diada-adakan.

Hadits :

من صلى بعد المغرب أول ليلة من رجب عشرين ركعة جاز على الصراط بلا نجاسة

 “Barangsiapa yang sholat setelah maghrib pada awal malam bulan rojab dua puluh rokaat maka dia akan melewati shiroth tanpa najis”.
Dan hadits :

من صام يوما من رجب وصلى ركعتين يقرأ في كل ركعة مئة مرة آية الكرسي وفي الثانية مئة مرة قل هو الله أحد لم يمت حتى ير مقعده من الجنة

 “Barangsiapa yang puasa satu hari dari bulan rojab dan sholat dua rokaat, dia membaca pada setiap rokaat ayat kursi seratus kali dan pada rokaat kedua qul huallohu ahad seratus kali, maka tidaklah dia mati sampai dia melihat tempat duduknya di surga”.

Dan hadits : “Barangsiapa yang puasa pada bulan rojab maka dia akan begini dan begini ….”

قال الإمام أبو عبد الله بن أبي بكر الزرعي المتوفى عام 691 الجميع كذب مختلف كلها

انظر : كتاب نقد المنقول للزرعي 1 / 83 – 84 طبعة دار القادري لعام 1411هـ

Al-Imam Abu Abdillah bin Abi Bakr Az-Zar’i (w.691) berkata : Seluruhnya dusta yang dibuat-buat.

Hadits ke-7 :

(( من صام ثلاثة أيام من شهرٍ حرامٍ الخميس والجمعة والسبت كتب الله له عبادة تسعمائة سنة )) . وفي لفظ: ستين سنة  .

رواه الطبراني في الأوسط 2 / 219 طبعة دار الحرمين لعام 1415هـ و قال : لم يرو هذا الحديث عن مسلمة إلا يعقوب تفرد به محمد بن يحيى . اهـ

و قال الهيثمي : رواه الطبراني في الأوسط عن يعقوب بن موسى المدني عن مسلمة ويعقوب مجهول ومسلمة هو ابن راشد الحماني قال فيه حاتم مضطرب الحديث وقال الأزدي في الضعفاء لا يحتج به . اهـ .
انظر : كتاب مجمع الزوائد 3 / 191 طبعة الريان لعام 1407هـ

و حكم بعدم صحته ابن الجوزي في كتابه العلل المتناهية 2 / 554 طبعة دار الكتب العلمية لعام 1403هـ

 “Barangsiapa yang puasa tiga hari pada bulan harom (bulan yang mulia) hari kamis, jum’at dan sabtu maka Alloh mencatatnya ibadah sembilan ratus tahun”, dalam lafadz yang lain : “enam puluh tahun”.

Diriwayatkan oleh Ath-Thobroni dalam Al-Ausath 2/219 Cet.DaarAl-Haromain Th.1415 H dan dia mengatakan : Tidak ada yang meriwayatkan hadits ini dari Maslamah kecuali Ya’qub yang Muhammad bin Yahya menyendiri dengannya.
Al-Haitsami mengatakan : Diriwayatkan oleh Ath-Thobroni dalam Al-Ausath dari Ya’qub bin Musa Al-Madani dari Maslamah, Ya’qub adalah majhul (tidak dikenal) dan Maslamah adalah Ibnu Rosyid Al-Hamani, Hatim berkata tentang dia : Haditsnya mudhthorib (goncang), Al-Azdi berkata dalam Adh-Dhu’afa : Dia tidak dapat dijadikan hujjah. Lihat : Kitab Majma’ Az-Zawaid 3/191 Cet.Ar-Royyan Th.1407
Ibnul Jauzi menghukuminya tidak shohih dalam  kitabnya Al-‘Ilal Al-Mutanahiyah 2/554 Cet. Daarul kutub Ilmiyah Th.1403 H.

Hadits ke-8 :

(( صوم أول يوم من رجب كفارة ثلاث سنين، والثاني كفارة سنتين، ثم كلّ يوم شهراً  ))

انظر : كتاب فيض القدير للمناوي 4 / 210 طبعة المكتبة التجارية الكبرى لعام 1356هـ .

 “Puasa hari pertama dari bulan rojab adalah penghapus dosa tiga tahun, pada hari kedua adalah penghapus dosa dua tahun, kemudian setiap hari adalah (penghapus dosa) satu bulan”.

Lihat : Kitab Faidhul Qodir, Karya : Al-munawi 4/210 Cet. Al-Maktabah At-Tijariyah Al-Kubro Th.1356 H.

Hadits ke-9 :

قال العجلوني رحمه الله تعالى : من الأحاديث الموضوعة ما جاء في فضيلة أول ليلة جمعة من رجب الصلاة الموضوعة فيها التي تسمى صلاة الرغائب لم تثبت في السنة ولا ثم أئمة الحديث

انظر : كشف الخفاء للعجلوني 2 / 563 طبعة مؤسسة الرسالة لعام 1405هـ

Al-‘Ajluni rohimahulloh berkata : Termasuk hadits-hadits maudhu’ adalah hadits-hadits yang datang tentang keutamaan  malam jum’at pertama dari bulan rojab, sholat palsu di dalamnya dinamakan sholat ar-roghoib yang tidak ada di dalam sunnah dan  tidak pula (dianjurkan) oleh para imam ahli hadits.

Lihat : Kasyful Khofaa’, Karya : Al-‘Ajluni 2/563 Cet. Muassasah Ar-Risalah Th.1405 H.

Hadits ke-10 :

قال الحافظ أبو عبد الله محمد بن أبي بكر الدمشقي المتوفى 691هـ : وكل حديث في ذكر صوم رجب و صلاة بعض الليالي فيه فهو كذب مفترى كحديث من صلى بعد المغرب أول ليلة من رجب عشرين ركعة جاز على الصراط بلا نجاسة  .

انظر : كتاب المنار المنيف 1 / 96 طبعة مكتبة المطبوعات الإسلامية لعام 1403هـ

Al-Hafidz Abu Abdillah Muhammad bin Abi Bakr Ad-Dimasyqi (w.691 H) berkata : Seluruh hadits yang menyebutkan puasa rojab dan sholat pada sebagian malamnya adalah  dusta yang diada-adakan seperti hadits “Barangsiapa yang sholat setelah maghrib pada malam pertama bulan rojab dua puluh rokaat maka dia akan melewati shiroth tanpa najis”.

Lihat : Kitab Al-Manar A-Munif 1/96 Cet. Maktabah Al-Mathbu’ah Al-Islamiyah Th.1403 H.

و الله أعلم و الحمد لله رب العالمين و الصلاة و السلام على سيد المرسلين و على آله و صحبه أجمعين

و السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Selesai diterjemahkan pada hari sabtu 2 Rojab 1432 H di Karawang

Oleh : Abu Shiddiq Asy-Syirbuni

Sumber : http://saaid.net/mktarat/12/7-10.htm

6 thoughts on “Derajat hadits-hadits keutamaan bulan rojab dan amalan di dalamnya

    • Jangan bingung, beribadahahlah dan beramallah sebagaimana beribadah dan beramal di bulan-bulan lainnya. Banyak amalan sunnah yang dianjurkan oleh Rosululloh صلى الله عليه وسلم tanpa harus bersandar dengan hadits-hadits dho’if apalagi maudhu’.

  1. syukron ilmunya. slama ni hnya ska mndengar ustadzahku mngenai keistimewaan bulan rajab, tpi msh blom yakin dan ga tau mngapa. skg jd jelas.

  2. benar apa kata ulama saalaf, jika mmng benar ada dari rasulullah, maka tentu sahabat sudah melakukannya….oleh karena itu marilah kita kembali kepada ajran yg sesungguhnya walaupun mungkin dianggap asing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s