Sifat-sifat orang-orang munafiq dalam surat At Taubah


بسم الله الرحمن الرحيم

Alhamdulillah di Pesantren Al I’tishoom setiap malam jum’at selalu ada kajian rutin untuk umum yang disampaikan oleh Mudir ‘Aam Al Ustadz Achmad Rofi’i, LC. M.Mpd. Saat ini sedang dikaji kitab Nurul Iman wa Dzulumaatin Nifaaq (نور الإيمان وظلمات النفاق ) Karya Syaikh DR. Sa’id bin Ali bin Wahf Al Qohtoniy.

Sejak awal ingin rasanya untuk membuat resume dari kajian ini kemudian disebarkan, akan tetapi baru malam ini bisa terpenuhi, mudah-mudahan walaupun tidak dari awal akan tetapi masih bisa bermanfaat.

Malam ini sampai pada kajian sifat-sifat munafiqiin. Berikut resumenya, semoga bermanfaat.

Diantara sifat-sifat munafiqin dalam Al Qur’an

  • ( Surat At Taubah ayat 43-54 )

Alloh Ta’ala berfirman :

قُلْ أَنْفِقُوا طَوْعًا أَوْ كَرْهًا لَنْ يُتَقَبَّلَ مِنْكُمْ إِنَّكُمْ كُنْتُمْ قَوْمًا فَاسِقِينَ (53) وَمَا مَنَعَهُمْ أَنْ تُقْبَلَ مِنْهُمْ نَفَقَاتُهُمْ إِلَّا أَنَّهُمْ كَفَرُوا بِاللَّهِ وَبِرَسُولِهِ وَلَا يَأْتُونَ الصَّلَاةَ إِلَّا وَهُمْ كُسَالَى وَلَا يُنْفِقُونَ إِلَّا وَهُمْ كَارِهُونَ

Artinya :

Katakanlah: “Nafkahkanlah hartamu, baik dengan sukarela ataupun dengan terpaksa, Namun nafkah itu sekali-kali tidak akan diterima dari kamu. Sesungguhnya kamu adalah orang-orang yang fasiq. Dan tidak ada yang menghalangi mereka untuk diterima dari mereka nafkah-nafkahnya melainkan karena mereka kafir kepada Alloh dan RasulNya dan mereka tidak mengerjakan sholat, melainkan dengan malas dan tidak (pula) menafkahkan (harta) mereka, melainkan dengan rasa enggan. (At Taubah:53-54)

Diantara sifat kaum munafiqin dalam ayat ini :

  1. Alloh mensifati mereka dengan fasiq, Dia berfirman : ( إِنَّكُمْ كُنْتُمْ قَوْمًا فَاسِقِينَ ) “Sesungguhnya kamu adalah orang-orang yang fasiq”.
  2. Mereka kafir kepada Alloh dan Rosul-Nya
  3. Mereka tidak datang untuk sholat kecuali dalam keadaan malas.
  4. Mereka tidak berinfaq kecuali mereka benci.
  • ( At Taubah ayat 64-66 )

Alloh Ta’ala berfirman :

يَحْذَرُ الْمُنَافِقُونَ أَنْ تُنَزَّلَ عَلَيْهِمْ سُورَةٌ تُنَبِّئُهُمْ بِمَا فِي قُلُوبِهِمْ قُلِ اسْتَهْزِئُوا إِنَّ اللَّهَ مُخْرِجٌ مَا تَحْذَرُونَ (64) وَلَئِنْ سَأَلْتَهُمْ لَيَقُولُنَّ إِنَّمَا كُنَّا نَخُوضُ وَنَلْعَبُ قُلْ أَبِاللَّهِ وَآيَاتِهِ وَرَسُولِهِ كُنْتُمْ تَسْتَهْزِئُونَ (65) لَا تَعْتَذِرُوا قَدْ كَفَرْتُمْ بَعْدَ إِيمَانِكُمْ إِنْ نَعْفُ عَنْ طَائِفَةٍ مِنْكُمْ نُعَذِّبْ طَائِفَةً بِأَنَّهُمْ كَانُوا مُجْرِمِينَ

Artinya :

“Orang-orang yang munafik itu takut akan diturunkan terhadap mereka sesuatu surat yang menerangkan apa yang tersembunyi dalam hati mereka. Katakanlah kepada mereka: “Teruskanlah ejekan-ejekanmu (terhadap Alloh dan rasul-Nya).” Sesungguhnya Alloh akan menyatakan apa yang kamu takuti itu. Dan jika kamu tanyakan kepada mereka (tentang apa yang mereka lakukan itu), tentulah mereka akan manjawab, “Sesungguhnya Kami hanyalah bersenda gurau dan bermain-main saja.” Katakanlah: “Apakah dengan Alloh, ayat-ayat-Nya dan Rasul-Nya kamu selalu berolok-olok?” Tidak usah kamu minta maaf, karena kamu kafir sesudah beriman. jika Kami memaafkan segolongan kamu (lantaran mereka taubat), niscaya Kami akan mengazab golongan (yang lain) disebabkan mereka adalah orang-orang yang selalu berbuat dosa”. (At Taubah : 64-66)

Diantara sifat munafiqin dalam ayat ini :

  1. Mereka mengolok-olok Alloh, rosul-Nya, dan kaum mu’minin.
  • ( At Taubah ayat 67-68 )

Alloh Ta’ala berfirman :

الْمُنَافِقُونَ وَالْمُنَافِقَاتُ بَعْضُهُمْ مِنْ بَعْضٍ يَأْمُرُونَ بِالْمُنْكَرِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمَعْرُوفِ وَيَقْبِضُونَ أَيْدِيَهُمْ نَسُوا اللَّهَ فَنَسِيَهُمْ إِنَّ الْمُنَافِقِينَ هُمُ الْفَاسِقُونَ (67) وَعَدَ اللَّهُ الْمُنَافِقِينَ وَالْمُنَافِقَاتِ وَالْكُفَّارَ نَارَ جَهَنَّمَ خَالِدِينَ فِيهَا هِيَ حَسْبُهُمْ وَلَعَنَهُمُ اللَّهُ وَلَهُمْ عَذَابٌ مُقِيمٌ

Artinya :

“Orang-orang munafik laki-laki dan perempuan. sebagian dengan sebagian yang lain adalah sama, mereka menyuruh membuat yang Munkar dan melarang berbuat yang ma’ruf dan mereka menggenggamkan tangannya. mereka telah lupa kepada Alloh, Maka Alloh melupakan mereka. Sesungguhnya orang-orang munafik itu adalah orang-orang yang fasik.  Alloh mengancam orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang kafir dengan neraka Jahannam, mereka kekal di dalamnya. cukuplah neraka itu bagi mereka, dan Allah mela’nati mereka, dan bagi mereka azab yang kekal”. (At Taubah : 67-68)

Diantara sifat munafiqin dalam ayat ini :

  1. Kaum munafiqin sebagian mereka bagian dari sebagian yang lain, sebagian mereka menolong sebagian yang lain.
  2. Memerintahkan kemungkaran dan melarang yang ma’ruf.
  3. Mereka tidak mau shodaqoh dan tidak mau berbuat baik, dan mereka adalah manusia yang paling pelit (bakhil).
  4. Mereka lupa pada Alloh, maka mereka tidak ingat pada Alloh kecuali sedikit, sehingga Alloh melupakan mereka dari kasih sayang-Nya, dan tidak memberikan taufiq kepada mereka untuk berbuat kebaikan.
  5. Munafiqin adalah orang-orang fasiq.

Bersambung, insya Alloh ….

***

Dari Akhukum : Abu Shiddiq Asy Syirbuni

Ma’had Al I’tishoom,

Karawang, Jum’at 2 Maret 2012 M

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s